Selasa, 10 Mei 2011

BERITA RADIO

Jurnalistik adalah segala sesuatu yang menyangkut proses perencanaan, meliput, memproduksi, dan melaporkan sebuah fakta menjadi berita.
Jika dalam media cetak pengertian berita adalah peristiwa yang diulangi, maka dalam radio berita adalah peristiwa yang dikomunikasikan kepada pendengar pada saat yang bersamaan dengan peristiwanya.
Jika proses mengulangi itu menyangkut rekonstruksi ulang menurut kaidah jurnalistik, maka dalam radio proses rekonstruksi itu berlangsung secara spontan, dalam hitungan detik, sehingga dibutuhkan ketajaman mengendus substansi berita yang menarik dan keahlian menyampaikannya secara langsung dan interaktif.
Sebetulnya belum ada definisi yang sangat tepat untuk menggantikan istilah Radio News, kecuali kesepakatan bahwa news is big business. Sebagai bahan perbandingan, ada beberapa pendapat pakar radio yang bisa diacu, yaitu:
Paul D. Maessenner, dalam bukunya Here’s The News.
News adalah sebuah informasi yang baru tentang suatu peristiwa yang penting dan menarik perhatian serta minat pendengar. Berita radio dapat pula berarti : Apa yang terjadi saat ini, apa yang segera terjadi, dan apa yang akan terjadi.
Diah Nur Fitri
Kalipelus, Purwanegara,Banjarnegara.


Referensi:
Masduki, 2001., Jurnalistik Radio/Menata Profesionalisme Reporter dan Penyiar,. Yogyakarta: Penerbit LKiS.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar