Selasa, 10 Mei 2011

SURAT PENDENGAR

Ada tiga kategori surat pendengar, yaitu :

1. Request, berisi permintaan lagu dan pesan.
2. Kritik dan saran terhadap acara radio.
3. Opini,konsultasi,atau laporan fakta tertentu atas permintaan pihak radio, misalnya talkshow atau kuis atas kesadaran pendengar menempatkan radio sebagai media informasi publik.

Perlakuan terhadap masing-masing kategori berbeda-beda, karena masing-masing menunjukkan kualitas hubungan yang juga beda. Terhadap kategori pertama, respon radio sudah cukup memadai dengan memutar lagu pesanan dan menyampaikan pesan yang diminta. Untuk kategori kedua , diperlukan keterbukaan radio untuk menyampaikan kelemahan program, sehingga terjadi dialog yang memungkinkan pendengar ikut serta memikirkan jalan keluarnya.
Sementara untuk kategori ketiga , perlu menonjolkan sentuhan intelektual. Misalnya dengan memberikan apresiasi terhadap opini dan berita yang dikirimkan melalui program special, bahkan jika mungkin member hadiah sebagai bentuk rasa terima-kasih.

Seiring kemajuan teknologi, surat pembaca berganti dengan telepon interaktif atau bahkan e-mail. Namun semangat hubungan yang melatarbelanginya tetap sama. Percayalah…..!


Referensi:
Masduki, 2001., Jurnalistik Radio/Menata Profesionalisme Reporter dan Penyiar,. Yogyakarta: Penerbit LKiS.


Diah Nur Fitri
Kalipelus, Purwanegara,Banjarnegara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar