Selasa, 17 Mei 2011

KEUNTUNGAN RADIO STREAMING

Radio streaming adalah salah satu jenis media online yang menggunakan perangkat internet sebagai medianya. Konsep ini merupakan turunan dari media elektronik konvensional yaitu radio yang sudah lebih dahulu muncul dan dikenal oleh masyarakat.
Konsep radio streaming sendiri sebenarnya mirip dengan konsep yang ada pada konsep sebuah radio. Hanya saja, dalam radio konvensional membutuhkan sinyal transmisi agar sebuah siaran radio bisa ditangkap dan didengarkan oleh pendengar. Sinyal tersebut dipancarkan oleh stasiun radio dan ditangkap oleh pesawat radio yang mengubah sinyal tersebut menjadi suara.
Sementara pada radio streaming, peran sinyal transmisi ini digantikan dalam bentuk data digital. Dari data ini, kemudian diolah untuk selanjutnya diubah menjadi suara melalui media pemutar. Konsep ini dikenalkan sebagai cara untuk meningkatkan kualitas siaran sebuah radio. Sebab, dengan data digital akan menghasilkan suara yang lebih jernih daripada dengan menggunakan sistem sinyal transmisi.
Konsep radio streaming sendiri dikenalkan seiring perkembangan teknologi internet di masyarakat. Di Indonesia, tren radio modern ini mulai dikenal pada akhir era 90an dan awal 2000an. Dan pada saat ini hampir semua radio selain menggunakan sistem sinyal konvensional mereka juga mengembangkan radio streaming untuk bisa menjangkau pendengar yang semakin banyak.

Keuntungan Radio Streaming
Adanya radio streaming ini merupakan sebuah keuntungan bagi pendengar radio. Sebab, mereka akan semakin mudah untuk mendengarkan radio yang menggunakan sistem digital ini.
Ada beberapa keuntungan dengan penggunaan sistem radio streaming ini. di antaranya adalah :
1. Kualitas suara yang dihasilkan jauh lebih jernih dan jelas. Sehingga hal ini akan meningkatkan kuailitas siaran dan lagu yang didengarkan konsumen.
2. Dengan radio streaming, seseorang bisa mendengarkan siaran sebuah radio dimana saja berada. Sebab, jika menggunakan sinyal transmisi maka jangkauan pendengar sangat terbatas.
3. Tidak akan terjadi penumpukan sinyal dengan gelombang radio yang lain. Sebab, radio streaming menggunakan konsep digital yang tidak memungkinkan hal tersebut terjadi. Selain itu, hal ini tidak akan mengganggu sinyal dari frekwensi gelombang radio lainnya.
4. Pendengar bisa merekam sebuah siaran radio streaming tersebut secara mudah dengan fasilitas perekam di komputer mereka. ( Satria Bimo Aji )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar